Senin, 19 Desember 2016

Don't Worry Be Happy!

Yahooooo!
Apa kabar kalian di hari senin ini? Hehehe. Siapa yang sudah libur? Pastinya sebagian besar dari kalian yang masih di bangku sekolah sudah mulai merasakan efek kehebatan dan kenyamanan akhir tahun bukan wkwkwk (dibaca: libur). Jadi gimana nih? Rencana kalian buat habisin masa masa liburan kalian? Mau bantu orang tua kah? Jalan jalan bareng teman / orang tua kah? Atau kalian hanya menghabiskan waktu dirumah gak ngapa ngapain hehehe.

Disaat saat seperti ini, banyak dari kalian akan merasa bahagia dan senang bukan, hayo, jujur aja deh hehehe. Tentu saja kalian bakalan merasa senang saat kalian bias bersama teman teman kalian, atau orang tua kalian, atau mengerjakan sesuatu yang kalian tidak bias kerjakan pada saat kalian tidak liburan. Jadi sekarang kita bakalan ngomongin tentang “Apa sih Senang itu?”. Munkin bakalan banyak topik topik yang bias kita bahas di tema ini, tapi Author Cuma mau ngomongin tentang beberapa hal aja yaa, soalnya kalau kita mau bahas semuanya bakalan butuh waktu yang lama hehehe…

Yaudah gak usah lama lama lagi, ayok kita berkenalan sama salah satu perasaan yang sering kita rasakan ini biar kita makin akrab sama dia hehehe.



Senang, Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,kata senang memiliki artian sebagai berikut:
Senang /se-nang/ a 1. Puas dan lega, tanpa rasa susah dan kecewa, dan sebagainya; 2. Betah; 3. Berbahagia (tidak ada sesuatu yang menyusahkan, tidak kurang suatu apa dalam hidupnya) 4. Suka; gembira; 5. Sayang; 6. Dalam keadaan baik (tentang kesehatan, kenyamanan, dan sebagainya)
Nah kita gak akan membahas ke enam arti diatas. Author Cuma mau sedikit sharing tentang makna yang ketiga yaitu. “Senang adalah perasaan bahagia dimana seseorang merasa bahwa tidak ada sesuatu pun yang kurang dalam kehidupannya”. Bukankah kata kata ini sedikit menarik buat kalian yang belum terbiasa untuk merasakan dunia luar? Mungkin kalian bakalan bertanya atau bilang “Sekarang aku masih senang senang saja karena aku punya orang tua yang masih bisa memenuhi kebutuhanku” atau “Bagaimana mungkin kita sebagai manusia yang selalu menghadapi masalah bisa selalu merasakan bahwa tidak ada sesuatu pun yang kurang dalam hidup kita?”. Ya, kedua pendapat diatas benar bukan, kalian tentu akan merasa senang jika kalian mempunyai orang tua yang selalu memenuhi kebutuhan kalian. Tapi bagaimana jika orang tua kalian tidak bisa melakukan itu? Bagaimana jika kalian harus hidup jauh dari orang tua kalian? Untuk mereka yang terbiasa pasti itu bukan masalah besar bukan. Tapi sadarkah kalian, buat orang orang yang baru pertama kali merasakan hal itu, hal itu dapat membuat perasaan senang itu perlahan terasa hilang.

Kali ini Author mau sedikit share pengalaman pribadi Author dimana Author sendiri juga adalah seorang remaja / pemuda yang baru pertama kali tinggal jauh dengan orang tua Author. Author sendiri sudah lama tinggal di pulau Lombok dengan orang tua Author, dan saat Author lulus SMA, Author memutuskan untuk merasakan rasanya menjadi anak rantau hehehe. Jadi singkat kata Author pergi. Ke kota yang gak terlalu jauh sih dari tempat asal Author yaitu Denpasar di pulau Bali. Meskipun jaraknya tidak terlalu jauh, tetap saja Author gak bisa dong ngandalin orang tua Author terus. Jadi singkat cerita di awal awal Author ngerasa asing, bener bener asing. Author bahkan sempat beberapa kali tersesat di tempat yang bener bener baru buat Author sendiri. Author sempat mengalami masalah yang tidak mungkin mengandalkan orang tua Author. Tapi itulah hidup J kalian harus sadar kalau kalian tidak mau keluar dari zona nyaman kalian, gimana mungkin kalian bisa menemukan hal baru? Sama seperti Author, awalnya Author hanya berdiam diri di dalam kamar kos, atau kerumah temen yang deket, atau ke hotspot area. Bosan? Pasti, bukan Cuma bosan. Author merasa, Author gak mendapat apa apa dari perjalanan ini. Author merasa membuang waktu Author untuk berdiam diri (bahkan sampai sekarang).

Tapi bukan berhenti sampai situ saja, singkat cerita ada bener bener masalah yang berat yang bikin Author sadar, sadar kenapa Author gak bisa berkembang. Itu karena pola pikir Author masih seperti seorang anak anak. Author hanya melihat sesuatu dari satu sisi, Author gak bisa melihat jauh kedepan, dan parahnya Author jauh dari Tuhan. Berkali kali Tuhan ingatkan, Author masih aja bandel, sampe suatu hari Tuhan ijinkan sesuatu terjadi yang Author rasa ini bakal bener bener merubah hidup Author buat menjadi lebih baik. Dan sekarang Puji Tuhan, mata dan pikiran Author sedikit terbuka.

Singkatnya Author Cuma mau bagikan salah satu tips atau cara, gimana sih merasakan senang didalam semua yang terjadi dalam hidup ini.

1.       Jangan terpaku pada masalah! Ingat, masalah memang harus dipecahkan tapi beberapa membutuhkan waktu. Ada kala kalian harus meninggalkan sebentar masalah kalian dan mencari sesuatu yang membuat pikiran kalian segar.
2.       Penyebab hilangnya rasa senang sering kali karena hadirnya masalah dalam kehidupan kita. Saat masalah itu datang, cobalah untuk meminta tolong pada Tuhan, minta pimpinan akan apa yang harus kalian lakukan untuk menyelesaikan masalah kalian.
3.       Ingat janji janji Tuhan, Tuhan selalu menyediakan perlindungan dan pertolongan didalam setiap hidup kalian, dan masalah kalian.

Setelah kalian melakukan 3 hal diatas, bangkitlah! Tunjukkan kalian punya Tuhan yang lebih besar dari masalah kalian! Tunjukkan Tuhan kalian yang selalu memelihara dan memperhatikan kehidupan kalian, dan selalu menyertai kalian! Biasanya iblis bekerja dengan cara mengingatkan dosa dosa kalian, tapi ingat kata kata ini “Tidak ada Dosa yang lebih besar dari Kasih Tuhan” masalahnya yang sebenarnya adalah, apakah kalian sudah benar benar dekat pada-Nya atau kalian masih menikmati dosa kalian? Dosa memang nikmat, Author adalah mantan pendosa besar terutama dalam dosa Seks, Author memang belum pernah melakukan hubungan, tapi apa yang Author lakukan sudah cukup banyak. Author ngerti nikmatnya dosa dan susahnya keluar dari dosa itu. Tapi cobalah rasakan senang, bahagia dan sukacita sejati yang Tuhan berikan buat kalian. Mungkin kalian masih susah untuk bertobat, sedikit demi sedikit, carilah orang yang bisa membantu kalian, dan minta kekuatan pada Dia. Dan semoga kalian bisa merasakan Senang, Bahagia, dan Sukacita sejati dari Dia J

Tuhan Yesus Memberkati


Salam,
Author.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar